• Daerah
  • Sumut
  • Galian C Marak, Jalan Menuju Tangkahan Putus Tergerus Arus Sungai

Galian C Marak, Jalan Menuju Tangkahan Putus Tergerus Arus Sungai

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

TELISIK | BATANG SERANGAN – Diperkirakan, sepanjang 100 meter jalan di bantaran Sungai Batang Serangan, menuju objek wisata unggulan Tangkahan putus. Badan jalan di Dusun Titi Kurus, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat itu runtuh tergerus derasnya arus air sungai. Penyebabnya, diduga karena tingginya aktifitas galian C di sana.

Video selengkapnya, lihat di Channel YouTube Yong Ganas…

Menurut keterangan warga sekitar, abrasi di sana sudah terjadi sejak tiga tahun belakangan. Jika air sungai meluap, arusnya menggerus tepi jalan. Perlahan tapi pasti, jalan penghubung ke objek wisata popular di Langkat itu pun putus.

Baca Juga  Didaulat Puluhan Pendukung, H Hermansjah SE Daftar Calon Ketua PWI Sumut 2021- 2026

Hal itu disampikan Mustika Harjono kepada awak media, Selasa (5/4) sore di tepi Sungai yang membelah Kecamatan Batang Serangan dan Sawit Seberang itu. Dia menyampaikan, derasnya arus sungai akhir – akhir ini diduga disebabkan tingginya aktifitas galian C.

Tak banyak yang bisa diperbuat warga, mereka hanya bisa memasang tanda bahaya agar pengendara yang melintas tak terperosok ke dalam sungai. “Dulu pernah kami pasang tanda bahaya, tapi sekarang dah hilang terbawa longsor. Dah tiga tahun bantaran sungai ini mengalami abrasi,” kata pemuda itu.

Baca Juga  Tiga Tahun Wafatnya Almarhum Taufan Gama Simatupang, Pemkab Asahan Gelar Doa dan Dzikir

Menurut Mustika, hingga kini belum ada perhatian serius dari pemerintah setempat. Sementara, gerusan air sungai makin melebar mengikis badan jalan. “Dulu bantaran sungai ini pernah dibronjong. Tapi hilang karena abrasi,” tandas pemuda ramah itu.

Warga berharap, agar pemerintah serius dalam menyikapi persoalan itu. Mengingat, di ujung jalan ada objek wisata yang hingga saat ini masih memikat wisatawan mancanegara untuk berkunjung kesana. (Yong/Ah/Is)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BeritaTerkait

POPULER

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Alamat Redaksi :

The Stabat Pavilion – Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Perdamaian, Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat, Suamtera Utara – 20815
Telp: 0811-6583-303

©Telisik.net | Situs Berita Online | PT Metro Langkat Binjai

error: Dilarang Copy Paste !!